Selasa, 01 Januari 2013

Negara Bagian Colorado

Colorado adalah negara bagian AS yang meliputi sebagian dari Pegunungan Rocky Selatan serta bagian timur laut dari Dataran Tinggi Colorado dan tepi barat Great Plains. Colorado merupakan bagian dari Amerika Serikat Barat, Southwestern Amerika Serikat, dan Amerika gunung. Colorado adalah yang paling luas dan 8 yang paling padat penduduknya di 22 dari 50 Amerika Serikat. The Biro Sensus Amerika Serikat memperkirakan bahwa populasi Colorado adalah 5.187.582 pada tanggal 1 Juli 2012, meningkat 3,15% sejak Amerika 2010 Amerika Sensus.

Negara itu dinamai Sungai Colorado, yang penjelajah Spanyol awal bernama Colorado Río untuk berwarna merah (Spanyol: colorado) lumpur sungai dibawa dari pegunungan. Pada tanggal 1 Agustus 1876, Presiden AS Ulysses S. Grant menandatangani proklamasi mengakui Colorado sebagai negara ke-38. Colorado dijuluki "Negara Centennial" karena mengaku Union tahun 1876, seratus tahun dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.

Colorado berbatasan dengan negara barat laut dari Wyoming ke utara, negara-negara midwest of Nebraska dan Kansas ke timur laut dan timur, di selatan New Mexico oleh sebagian kecil dari negara barat daya Oklahoma, di sebelah barat oleh Utah, dan Arizona ke barat daya. Empat negara bagian Colorado, New Mexico, Arizona, dan Utah bertemu pada satu titik yang sama dikenal sebagai Four Corners, yang dikenal sebagai jantung dari Southwest Amerika. Colorado terkenal karena lanskap hidup atas gunung, hutan, dataran tinggi, mesas, lembah, dataran tinggi, sungai, dan tanah gurun.

Denver adalah ibukota dan kota terpadat di Colorado. Warga negara yang baik dikenal sebagai "Coloradans", meskipun istilah "Coloradoan" masih digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar